5 Kebiasaan Penyebab Gagal Ginjal, Salah Satunya Waspadai Konsumsi Gula Berlebih

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 09:31 WIB
loading...
5 Kebiasaan Penyebab...
Penyakit gagal ginjal menjadi salah satu momok yang ditakuti masyarakat. Untuk itu hindari kebiasaan yang menjadi penyebabnya. Foto/ sutterstock.
A A A
JAKARTA - Penyakit gagal ginjal menjadi salah satu momok yang ditakuti masyarakat. Pasalnya, ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang penting untuk menunjang produktivitas seseorang.

Dilansir Blue Net Hospitals pada Sabtu (5/8/2023), ginjal bertanggung jawab untuk membuang limbah dan kelebihan cairan dari tubuh.



Organ ini juga membuang asam yang diproduksi oleh sel untuk menjaga keseimbangan air, garam dan mineral, seperti natrium, kalsium, fosfor dan kalium dalam darah.

Ginjal juga membantu hormon kita mengontrol tekanan darah, memproduksi sel darah merah, hingga menjaga kesehatan tulang kita.

Untuk itu, peran ginjal sangat lah penting. Namun, tahukah kamu kalau ada beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak dan menyebabkan gagal ginjal?

Berikut deretan kebiasaan buruk yang bisa merusak sistem ginjal dalam tubuh.

1. Kebiasaan Mengonsumsi Gula
Kebiasaan mengonsumsi kadar gula yang tinggi, baik di makanan maupun minuman. Kebiasaan itu bisa menyebabkan penyakit diabetes yang merupakan induk untuk penyakit lainnya.

Diabetes juga termasuk penyakit yang dapat menyebabkan komplikasi ginjal. Untuk itu, kurangi konsumsi gula, bila terlalu berlebihan untuk menjaga ginjal tetap sehat.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2192 seconds (0.1#10.140)